- Home »
- Sistem Perangkat Lunak
Denny Bayu Listiawan
On Selasa, 16 Oktober 2012
BAB
1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Perangkat
keras komputer tidak akan dapat berbuat apa-apa tanpa adanya perangkat lunak.
Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila
instruksi-instruksi tertentu telah diberikan kepadanya. Instruksi-instruksi
tersebut disebut dengan perangkat lunak
(software). Oleh karena itu perangkat lunak
merupakan hal paling penting dalam proses pengolahan berbagai system di
komputer
1.2 Tujuan
Tujuan
dari pembuatan makalah ini adalah menjelaskan sebuah perangkat terpenting dari
sebuah computer. Perangkat tersebut merupakan perangkat lunak sebagai system
pengolah data pada computer. Dan menjelaskan beberapa OS, komponen, fungsi,
aplikasi dan berbagai jenis bahasa pemrograman yang ada di dalamnya. Sehingga
kit bias tau lebih mendalam tentang perangkat lunak.
BAB 2
Landasan Teori
2.1 Pengertian Perangkat Lunak
Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang
merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat
melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer. Sistem operasi adalah suatu contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh lainnya. Perangkat lunak jenis ini
dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu
pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti pengolahan kata atau
manipulasi gambar
2.2 Perangkat lunak sistem
(system software)
Perangkat
lunak yang mengoperasikan sistem komputernya. Perangkat ini dibagi lagi menjadi
3 bagian, yaitu:
1.Sistem Operasi
(Operating System)
Sistem Operasi merupakan komponen software yang sangat penting yang akan dibaca pertama kali oleh komputer ketika anda menghidupkan komputer. Sistem Operasi merupakan pengendali utama yang akan mengendalikan pelaksanaan program komputer dan mengolah segala sumber daya yang ada. Ada 2 jenis Sistem Operasi yaitu Sistem Operasi yang berbasis CLI (Command Line Interface) dan yang berbasis GUI (Graphic User Interface). Pada OS yang berbasis CLI kita mengetikkan kode-kode perintah untuk melaksanakan pekerjaan. Contoh konkret dari Sistem Operasi ini adalah DOS. Dalam perkembangan, Sistem Operasi berbasis CLI tersisih oleh GUI Operating System. Di dalam Sistem Operasi GUI kita hanya tinggal memilih program dan perintah yang kita inginkan dengan mengeklik mouse saja. Hal ini sangatlah memudahkan pengguna karena lebih userfriendly. Tampilan yang ditawarkan pun lebih enak dipandang mata. Dalam Sistem Operasi jenis ini, mulai dikenal istilah click, drag, dan drop. Begitu banyak contoh GUI Operating System, contohnya : Windows XP , Windows 7, Ubuntu berbasis GUI, dan lain-lain.
Sistem Operasi merupakan komponen software yang sangat penting yang akan dibaca pertama kali oleh komputer ketika anda menghidupkan komputer. Sistem Operasi merupakan pengendali utama yang akan mengendalikan pelaksanaan program komputer dan mengolah segala sumber daya yang ada. Ada 2 jenis Sistem Operasi yaitu Sistem Operasi yang berbasis CLI (Command Line Interface) dan yang berbasis GUI (Graphic User Interface). Pada OS yang berbasis CLI kita mengetikkan kode-kode perintah untuk melaksanakan pekerjaan. Contoh konkret dari Sistem Operasi ini adalah DOS. Dalam perkembangan, Sistem Operasi berbasis CLI tersisih oleh GUI Operating System. Di dalam Sistem Operasi GUI kita hanya tinggal memilih program dan perintah yang kita inginkan dengan mengeklik mouse saja. Hal ini sangatlah memudahkan pengguna karena lebih userfriendly. Tampilan yang ditawarkan pun lebih enak dipandang mata. Dalam Sistem Operasi jenis ini, mulai dikenal istilah click, drag, dan drop. Begitu banyak contoh GUI Operating System, contohnya : Windows XP , Windows 7, Ubuntu berbasis GUI, dan lain-lain.
Gambar di
atas merupakan bagan komponen system operasi
Fungsi-fungsi Sistem Operasi pada
Komputer meliputi:
- Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk
dapat dijalankan oleh sistem komputer.
- Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan
mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke
sistem komputer.
- Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan
dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang
dieksekusi atau dijalankan.
- Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari
berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua
file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text
editor atau dengan lainnya.
- Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan
pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang
paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.
- Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan
instruksi-instruksi.
- Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem
komputer dan komputer operator (manusia).
- Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.
2. Program Bantu atau
Proram Tambahan (Utility Program)
Secara terperinci, program bantu dapat diartikan sebagai rangkaian standar routine yang membantu dalam operasi sistem kopmputer dengan melakukan beberapa proses yang sering diminta, seperti pembuatan salinan, pemilahan, atau penyatuan. Program bantu akan mengisi kekurangan Sistem Operasi. Beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh program bantu antara lain : merapair file yang sudah terhapus, mengecek kondisi hardware, merepair kerusakan hardware (misalnya merepair bad sector pada harddisk), dan lain-lain. Contoh program utility adalah Hiren, Tune Up Utilities, Lantastic, dan lain-lain.
Secara terperinci, program bantu dapat diartikan sebagai rangkaian standar routine yang membantu dalam operasi sistem kopmputer dengan melakukan beberapa proses yang sering diminta, seperti pembuatan salinan, pemilahan, atau penyatuan. Program bantu akan mengisi kekurangan Sistem Operasi. Beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh program bantu antara lain : merapair file yang sudah terhapus, mengecek kondisi hardware, merepair kerusakan hardware (misalnya merepair bad sector pada harddisk), dan lain-lain. Contoh program utility adalah Hiren, Tune Up Utilities, Lantastic, dan lain-lain.
3. Bahasa Komputer
(Computer Language)
Merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Ada 2 macam bahasa komputer yatiu Low Level Language dan High Level Language.
a) Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Contohnya adalah assembly language.
b) High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan bahasa tingkat tinggi karena mudah dimengerti. Jenis bahasa ini menggunakan perintah serta kalimat makro yang menyamai bahasa manusia atau notasi matematika untuk menjelaskan masalah yang harus dipecahkan atau prosedur yang yang harus digunakan. Contohnya adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dll.
Merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Ada 2 macam bahasa komputer yatiu Low Level Language dan High Level Language.
a) Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Contohnya adalah assembly language.
b) High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan bahasa tingkat tinggi karena mudah dimengerti. Jenis bahasa ini menggunakan perintah serta kalimat makro yang menyamai bahasa manusia atau notasi matematika untuk menjelaskan masalah yang harus dipecahkan atau prosedur yang yang harus digunakan. Contohnya adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dll.
1. First-Generation Language (1GL) atau Bahasa Generasi 1 adalah bahasa mesin
atau level instruksi dan data yang memerintahkan hardware komputer agar dapat
bekerja dengan menggunakan kode-kode biner (binary digit) terdiri dari angka 0
dan angka 1.
Disebut generasi pertama karena
merupakan jenis yang paling awal dikembangkan tahun 1940-an dan awal 1950-an
semua program harus dikodekan dalam bahasa mesin, sehingga pemograman dalah
bahasa mesin:
-
Akan menyita waktu dan kondusif
untuk membuat kesalahan.
-
Berbeda untuk setiap jenis computer,
sehingga tergantung pada computer dan tidak setandar.
Semua
program harus ada dalam bahasa mesin agar dapat dieksekusi, sehingga bahasa
lain yang ditulis programmer perlu diterjemahkan oleh computer ke bahasa mesin
untuk eksekusi.
2. Second-Generation Language (2GL) atau Bahasa Generasi 2 adalah bahasa
pemrograman assembler atau bahasa assembly yang sudah mengubah pernyataan
dengan memasukkan unsur bahasa dalam instruksinya meskipun singkat sehingga
lebih mudah dibanding bahasa mesin.
Ciri-ciri bahasa assembly:
-
Kode ditandai dengan
nama yang mudah diingat seperti ADD,SUB,dan MULT
-
Alamat penyimpanan
(storage addresses) nyata dimna data ditempatkan dapat didefinisikan dengan
nama-nama seperti AMT1 dan AMT2 untuk memudahkan rujukan.
Sama
seperti bahasa mesin, bahasa assembly tergantung computer (tidak portable).
Untuk bahasa assembly masih digunakan karena begitu mirip dengan bahasa mesin
dengan kode yang sangat efisien untuk membuat sytem software lebih disukai
menggunakan bahasa assembly karena sangat efisien dalam penggunaan
computer(butuh memori yang kecil).
3.Perangkat Lunak Bahasa Generasi
Ketiga
Menulis program dengan
bahasa simbolik masih tetap sulit, dikarenakan:
1.
penulis program harus mengetahui susunan serta fungsi dari
masing-masing register di processor;
2.
harus mengetahui dengan persis cara alokasi memori komputer
yang dipergunakan;
3.
harus mengetahui fungsi-fungsi yang disediakan oleh OS dan
lain sebagainya.
Bahasa tingkat
tinggi sebagai perangkat lunak bahasa generasi ketiga disebut juga dengan nama perangkat lunak bahasa prosedural (procedural language). Disebut
demikian karena program ini diproses sesuai dengan urutannya.
Source program yang
ditulis dengan bahasa tingkat tinggi, harus diterjemahkan menjadi program
bahasa mesin dengan suatu program penterjemah, yaitu compiler dan interpreter.
Bahasa tingkat tinggi yang sifatnya compiler di antaranya adalah FORTRAN, COBOL, PASCAL dan C language. Sedangkan yang bersifat interpreter
adalah BASIC dan beberapa bahasa
tingkat tinggi yang disediakan oleh Data Base Management Systems (DBMS).
Di samping akan dihasilkan object
program, pada proses ini bila terjadi kesalahan di dalam penulisan source
program, juga akan ditampilkan daftar dari kesalahan-kesalahannya.
Interpreter juga
merupakan program untuk menterjemahkan program yang ditulis dengan bahasa
tingkat tinggi menjadi bahasa mesin. Perbedaan utama antara compiler dengan interpreter dalam hal program yang akan dibuat adalah sebagai
berikut ini.
Pada compiler, source
program harus dibuat terlebih dahulu dengan pengedit teks atau dengan
pengolah kata , kemudian baru dikompilasi dengan menggunakan compiler-nya
Pada interpreter
adalah kebalikannya, yaitu interpreter
dipanggil terlebih dahul, baru kemudian source
program dapat ditulis dan baris demi baris akan diterjemahkan oleh interpreter-nya.
Bahasa
generasi ketiga seringkali disebut sebagai high level language
disebabkan bahasa ini menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia.
Beberapa contoh bahasa pemrograman yang masuk dalam kategori generasi ketiga
yaitu ADA, ALGOL, C, C++ ,BASIC, COBOL, FORTRAN, dan PASCAL.
BASIC
BASIC singkatan dari Beginners’ All Purpose Symbolic Instruction
Code, diciptakan oleh John G.
Kemeny dan Thomas E. Kurtz dari Dartmouth College, USA. Telah banyak
beredar bahasa BASIC di pasaran, di antaranya Applesoft BASIC, BASICA, BASIC ISAM, CBASIC, GW-BASIC, IBASIC, KBASIC,
MBASIC, QUICK BASIC, UBASIC, ZBASIC, Quick Basic, Visual Basic dan lain
sebagainya.
Prinsip-prinsip yang digunakan dalam
mendesain bahasa BASIC antara lain:
- Dapat digunakan secara mudah bagi para pemula.
- Dapat digunakan sebagai sebuah bahasa pemrograman untuk
tujuan umum (general purpose)
- Dapat ditambahi fitur-fitur tambahan dan tingkat lanjut
untuk para ahli, tetapi tetap mempertahankan kesederhanaan bahasa untuk
para pemula.
- Harus interaktif.
- Pesan-pesan kesalahan harus jelas dan mudah dipahami.
- Merespons dengan cepat untuk program-program yang
kecil.
- Tidak harus membutuhkan pengetahuan dan pemahaman perangkat keras
komputer.
- Pengguna juga tidak harus tahu mengenai sistem operasi.
FORTRAN
merupakan salah satu bahasa
pemrograman yang cukup tua, lahir pada tahun 1957 dari sebuah tim yang dipimpin
oleh John W. Backus. FORTRAN yang merupakan singkatan dari Formula Translation
dibuat untuk memenuhi kebutuhan dalam hal numerik. Banyak fungsi matematika
yang telah didefinisikan sehingga tidak perlu lagi dilakukan pendefinisian
secara manual di program.
Dikembangkan pada 1954 hingga 1956 oleh John Backus dan staff IBM yang lain.
FORTRAN (FORmula TRANslator) merupakan bahasa level tinggi yang pertama.
FORTRAN pada mulanya didesain untuk mengekspresikan humus matemática dan maíz
merupakan bahasa matemática yang paling banyak digunakan. Bahasa ini juga
berguna untuk aplikasi bisnis yang kompleks, seperti perkiraan (forecasting)
dan pemodelan. Namur karena tidak mampu manangani operasi input/output atau
pemrosesan file dalam volume besar, maka bahasa FORTRAN tidak digunakan untuk
masalah bisnis yang biasa.
Saat ini perkembangan bahasa pemrograman FORTRAN cukup pesat, dengan lahirnya
Fortran 77 dan Fortran 90 telah membuat bahasa ini menjadi leader dalam hal
pemrograman numerik. Tidak heran banyak programmer dalam bidang komputasi masih
tetap menggunakan bahasa pemrograman Fortran untuk menyelesaikan masalah
numerik.
Bahasa Pemrograman FORTRAN memiliki
kelebihan dan kekekurangan :
Kelebijan Bahasa Pemrograman FORTRAN
- FORTRAN bisa menangani ekspresi matemática dan logika
yang kompleks. Pernyataanya cukup pendek dan sederhana.
- Program FORTRAN yang dikembangkan pada satu tipe
komputer bisa dengan mudah dimodifikasi agar bisa bekerja pada tipe yang
lain.
Kekurangan Bahasa Pemrograman
FORTRAN
- FORTRAN tidak menangani operasi input dan output pada
peralatan penyimpanan seefisien bahasa lain yang levelnya lebih tinggi
- Memiliki keterbatasan untuk mengekspresikan dan
memproses data nonnumerik
- Tidak bisa dibaca atau dipahami semudah bahasa level
tinggi yang
Terdapat beberapa hal yang menjadikan bahasa pemrograman Fortran lebih unggul
dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain yaitu,
- proses eksekusi / kompilasi program yang cukup cepat.
- metode penulisan program sangat fleksibel, setiap bagian
blok program dapat ditulis secara tidak berurutan.
- mendukung teknik kompilasi secara menyeluruh (all
compilation), maksudnya misalkan kita memiliki 5 buah file Fortran yang
saling berhubungan maka semua file tersebut dapat langsung dikompilasi
semua dalam satu perintah dengan bantuan makefile yang kita buat, bagian
ini akan dijelaskan pada bab yang akan datang.
- memilki kompilator (compiler) yang cukup banyak
berkembang.
Masih banyak keunggulan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman ini yang mungkin
dapat dirasakan ketika kita membuat program. Pada bab selanjutnya akan dibahas
mengenai cara kompilasi dan beberapa contoh program dalam bahasa Fortran dan
juga bahasa C
COBOL
COBOL singkatan dari COmmon Business Oriented Language
merupakan bahasa tingkat tinggi yang berorientasi pada permasalahan bisnis.
COBOL baru pertama kali dikenalkan secara formal pada tahun 1960. Bahasa COBOL
dikembangkan , disempurnakan dan distandardisasikan dengan nama ANSI COBOL (American National Standards Institute).
Pascal
Pascal adalah bahasa tingkat tinggi (high level language) yang
orientasinya pada segala tujuan, dirancang oleh Professor Niklaus Wirth dari Technical
University di Zurich, Switzerland. Pascal adalah bahasa yang ditunjukan
untuk membuat program yang terstruktur. Standar Pascal adalah bahasa Pascal
yang didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklaus Wirth. Sampai saat ini untuk
computer-kompute mikro dan personal, TURBO Pascal merupakan versi bahasa Pascal
yang paling popular dan banyak di gunakan di computer mikro.
C dan C++
Bahasa C dirancang oleh Dennis
M. Ritchie pada tahun 1972. Nama C ini dipilih karena merupakan urutan
selanjutnya dari B pada alphabetic. Perkembangan bahasa C di computer mikro
dimulai tahun 1978 yaitu tiny-c yang ditulis oleh Tom Gibson. Versi-versi C yang paling
populer dan banyak di gunakan untuk komputer mikro adalah MS-C (Microsoft C) dan TURBO
C. C++ adalah versi terbaru dari
bahasa C yang berorientasi pada obyek. C++ termasuk dalam kelompok object-oriented
language.
4. Fourth-Generation Language (4GL) adalah bahasa
pemrograman yang telah didesain lebih “natural”,sehingga makin mudah digunakan
karena sudah mendekati bahasa percakapan sehari-hari dan sudah dapat untuk
mengakses database. Contoh : LIST NAMA, ALAMAT, NILAI FOR NILAI > 7 .
Ciri-ciri 4GL:
-
Mudah untuk dipelajari dan dipahami
-
Tepat untuk mengakses database
-
Memfokuskan pada memaksimalkan
produktivitas manusia dari pada minimisasi waktu computer
-
Tersedia dalam software paket yang
dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang diinginkan.
Perangkat
lunak bahasa generasi keempat disebut juga dengan perangkat lunak bahasa
non-prosedural (nonprocedural language) atau productivity language atau
perangkat lunak bahasa tingkat sangat tinggi (very high-level language).
Disebut dengan perangkat lunak non-prosedural karena pemakai computer dapat
membuat program aplikasi dengan mudah, yaitu hanya memberikan instruksi apa yg
harus diselesaikan bukan menginstruksi secara rinci apa yg harus dikerjakan
seperti di generasi ketiga.
.
2.3 Perangkat lunak aplikasi (application software)
Program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk
menyelesaikan suatu aplikasi tertentu.
Perangkat
Lunak Aplikasi ( application software) merupakan program yg ditujukan untuk
menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi tertentu yg sudah dibuat oleh
pabrik pembuat prangkat lunak aplikasi. Program aplikasi dibuat dengan
menggunakan perangkat lunak bahasa (language software). Perangkat lunak
aplikasi dapat berupa perangkat lunak perangkat lunak aplikasi tujuan umum
(general purpose application software) dan perangkat lunak aplikasi tujuan
khusus (special purpose application software).
Perangkat
lunak aplikasi tujuan umum (general purpose application software) ditulis untuk
keperluan kebanyakan pemakai computer secara umum. Aplikasi yg banyak
dibutuhkan secara umum misalnya adalah word processing, spreadsheet, DBMS,
graphic editor dan lainnya. Program paket aplikasi tujuan umum ini juga
dikategorikan sebagai kelompok bahasa generasi keempat, karena juga menyediakan
bahasa atau makro yg dapat digunakan oleh pemakai computer untuk keperluannya.
Perangkat
lunak aplikasi tujuan khusus (special purpose application software) ditulis
untuk keperluan khusus. Aplikasi khusus di organisasi bisnis yg banyak
dibutuhkan misalnya aplikasi buku besar (general ledger), pengendalian
persediaan (inventory control) di bidang akuntansi, manajemen kas (cash
management)di bidang keuangan dan lainnya.
2.4Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan software yang siap digunakan oleh user untuk memudahkan pekerjaan penggunanya. Program aplikasi dapat dibedakan menjadi :
a)
Word Processing
Merupakan program ppengolah kata yang dapat digunakan untuk menulis, menyunting naskah. Contohnya adalah Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2010, Lotus Ami Pro, dan lain-lain.
b) Desktop Publishing
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengatur tata letak suatu naskah sebelum dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan Page Maker.
c) Program Spreadsheet
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah angka. Data numerik diolah secara berkolom. Contoh dari program ini adalah Microsoft Excel, Lotus Improv, dan lain-lain.
d) Database Mang
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengatur tata letak suatu naskah sebelum dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan Page Maker.
c) Program Spreadsheet
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah angka. Data numerik diolah secara berkolom. Contoh dari program ini adalah Microsoft Excel, Lotus Improv, dan lain-lain.
d) Database Management System
Program ini dugunakan untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi. Data yang diolah berupa database. Conytohnya adalah Paradox, Microsoft Acces, My Sql, dan sebagainya.
g) Program Statistik
Program jenis ini digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contohnya adalah Statistica, SAS, dsb.
h) Communication
Program jenis ini digunakan untuk melakukan komunikasi dengan pengguna lain. Contohnya adalah Carbon Copy, DataFax, dsb.
i) Multimedia
Program ini berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan multimedia. Contohnya adalah Adobe Premiere Pro, Microsoft Video, dan lain-lain.
j) Game
Program ini merupakan program permainan saja. Contohnya Prince Of Persia Need For Speed, GTA, dan lain-lain.
k) Antivirus
Merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan membasmi virus komputer. Contohnya sangatlah banyak seperti Avira, AVK Kasper Sky, Smadav, dan lain-lain.
Merupakan program ppengolah kata yang dapat digunakan untuk menulis, menyunting naskah. Contohnya adalah Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2010, Lotus Ami Pro, dan lain-lain.
b) Desktop Publishing
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengatur tata letak suatu naskah sebelum dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan Page Maker.
c) Program Spreadsheet
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah angka. Data numerik diolah secara berkolom. Contoh dari program ini adalah Microsoft Excel, Lotus Improv, dan lain-lain.
d) Database Mang
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengatur tata letak suatu naskah sebelum dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan Page Maker.
c) Program Spreadsheet
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah angka. Data numerik diolah secara berkolom. Contoh dari program ini adalah Microsoft Excel, Lotus Improv, dan lain-lain.
d) Database Management System
Program ini dugunakan untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi. Data yang diolah berupa database. Conytohnya adalah Paradox, Microsoft Acces, My Sql, dan sebagainya.
g) Program Statistik
Program jenis ini digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contohnya adalah Statistica, SAS, dsb.
h) Communication
Program jenis ini digunakan untuk melakukan komunikasi dengan pengguna lain. Contohnya adalah Carbon Copy, DataFax, dsb.
i) Multimedia
Program ini berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan multimedia. Contohnya adalah Adobe Premiere Pro, Microsoft Video, dan lain-lain.
j) Game
Program ini merupakan program permainan saja. Contohnya Prince Of Persia Need For Speed, GTA, dan lain-lain.
k) Antivirus
Merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan membasmi virus komputer. Contohnya sangatlah banyak seperti Avira, AVK Kasper Sky, Smadav, dan lain-lain.
BAB
3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Sistem perangkat lunak merupakan komponen terpenting dalam
sebuah perangkat computer. Perangkat lunak ini adalah perangkat yg
mengoperasikan berbagai aplikasi di dalam sebuah computer. Dan aplikasi yang
sudah tersedia memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan yang kita
perlukan.
3.2 Saran
Penggunaan
system perangkat lunak sudah banyak di
gunakan dan di pahami secara mendalam oleh pengguna. Namun akan lebih baik lagi
bila semua pengguna tidak hanya terpaku pada satu aplikasi dalam aplikasi
system perangkat lunak, tetapi juga harus mengenal aplikasi perangkat lunak
yang sifatnya bias berguna di kalangan industri
Daftar Pustaka
Diberdayakan oleh Blogger.