sertakan Sumbernya bila anda mau mengcopy paste artikel ini. Cloud Animasi dengan CSS3 http://djogzs.blogspot.com/#ixzz28ciJqH00 Under Creative Commons License: Attribution

Postingan Populer

Total Pageviews

Denny Bayu Listiawan On Selasa, 16 Oktober 2012

                                                                       BAB 1

Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
Perangkat keras komputer tidak akan dapat berbuat apa-apa tanpa adanya perangkat lunak. Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila instruksi-instruksi tertentu telah diberikan kepadanya. Instruksi-instruksi tersebut disebut dengan perangkat lunak (software). Oleh karena itu perangkat lunak merupakan hal paling penting dalam proses pengolahan berbagai system di komputer






1.2 Tujuan

Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah menjelaskan sebuah perangkat terpenting dari sebuah computer. Perangkat tersebut merupakan perangkat lunak sebagai system pengolah data pada computer. Dan menjelaskan beberapa OS, komponen, fungsi, aplikasi dan berbagai jenis bahasa pemrograman yang ada di dalamnya. Sehingga kit bias tau lebih mendalam tentang perangkat lunak.









BAB 2
Landasan Teori

2.1 Pengertian Perangkat Lunak
Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer. Sistem operasi adalah suatu contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh lainnya. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti pengolahan kata atau manipulasi gambar







2.2 Perangkat lunak sistem (system software)
Perangkat lunak yang mengoperasikan sistem komputernya. Perangkat ini dibagi lagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1.Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi merupakan komponen software yang sangat penting yang akan dibaca pertama kali oleh komputer ketika anda menghidupkan komputer. Sistem Operasi merupakan pengendali utama yang akan mengendalikan pelaksanaan program komputer dan mengolah segala sumber daya yang ada. Ada 2 jenis Sistem Operasi yaitu Sistem Operasi yang berbasis CLI (Command Line Interface) dan yang berbasis GUI (Graphic User Interface). Pada OS yang berbasis CLI kita mengetikkan kode-kode perintah untuk melaksanakan pekerjaan. Contoh konkret dari Sistem Operasi ini adalah DOS. Dalam perkembangan, Sistem Operasi berbasis CLI tersisih oleh GUI Operating System. Di dalam Sistem Operasi GUI kita hanya tinggal memilih program dan perintah yang kita inginkan dengan mengeklik mouse saja. Hal ini sangatlah memudahkan pengguna karena lebih userfriendly. Tampilan yang ditawarkan pun lebih enak dipandang mata. Dalam Sistem Operasi jenis ini, mulai dikenal istilah click, drag, dan drop. Begitu banyak contoh GUI Operating System, contohnya : Windows XP , Windows 7, Ubuntu berbasis GUI, dan lain-lain.
Gambar di atas merupakan bagan komponen system operasi


Fungsi-fungsi Sistem Operasi pada Komputer meliputi:
  • Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.
  • Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
  • Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
  • Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.
  • Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.
  • Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.
  • Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
  • Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.

2. Program Bantu atau Proram Tambahan (Utility Program)
Secara terperinci, program bantu dapat diartikan sebagai rangkaian standar routine yang membantu dalam operasi sistem kopmputer dengan melakukan beberapa proses yang sering diminta, seperti pembuatan salinan, pemilahan, atau penyatuan. Program bantu akan mengisi kekurangan Sistem Operasi. Beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh program bantu antara lain : merapair file yang sudah terhapus, mengecek kondisi hardware, merepair kerusakan hardware (misalnya merepair bad sector pada harddisk), dan lain-lain. Contoh program utility adalah Hiren, Tune Up Utilities, Lantastic, dan lain-lain.

3. Bahasa Komputer (Computer Language)
Merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Ada 2 macam bahasa komputer yatiu Low Level Language dan High Level Language.
a) Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Contohnya adalah assembly language.
b) High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan bahasa tingkat tinggi karena mudah dimengerti. Jenis bahasa ini menggunakan perintah serta kalimat makro yang menyamai bahasa manusia atau notasi matematika untuk menjelaskan masalah yang harus dipecahkan atau prosedur yang yang harus digunakan. Contohnya adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dll.
1. First-Generation Language (1GL) atau Bahasa Generasi 1 adalah bahasa mesin atau level instruksi dan data yang memerintahkan hardware komputer agar dapat bekerja dengan menggunakan kode-kode biner (binary digit) terdiri dari angka 0 dan angka 1. 
Disebut generasi pertama karena merupakan jenis yang paling awal dikembangkan tahun 1940-an dan awal 1950-an semua program harus dikodekan dalam bahasa mesin, sehingga pemograman dalah bahasa mesin:
-          Akan menyita waktu dan kondusif untuk membuat kesalahan.
-          Berbeda untuk setiap jenis computer, sehingga tergantung pada computer dan tidak setandar.
Semua program harus ada dalam bahasa mesin agar dapat dieksekusi, sehingga bahasa lain yang ditulis programmer perlu diterjemahkan oleh computer ke bahasa mesin untuk eksekusi.


2. Second-Generation Language (2GL) atau Bahasa Generasi 2 adalah bahasa pemrograman assembler atau bahasa assembly yang sudah mengubah pernyataan dengan memasukkan unsur bahasa dalam instruksinya meskipun singkat sehingga lebih mudah dibanding bahasa mesin.
Ciri-ciri bahasa assembly:
-          Kode ditandai dengan nama yang mudah diingat seperti ADD,SUB,dan MULT
-          Alamat penyimpanan (storage addresses) nyata dimna data ditempatkan dapat didefinisikan dengan nama-nama seperti AMT1 dan AMT2 untuk memudahkan rujukan.
Sama seperti bahasa mesin, bahasa assembly tergantung computer (tidak portable). Untuk bahasa assembly masih digunakan karena begitu mirip dengan bahasa mesin dengan kode yang sangat efisien untuk membuat sytem software lebih disukai menggunakan bahasa assembly karena sangat efisien dalam penggunaan computer(butuh memori yang kecil).

3.Perangkat Lunak Bahasa Generasi Ketiga
            Menulis program dengan bahasa simbolik masih tetap sulit, dikarenakan:
1.       penulis program harus mengetahui susunan serta fungsi dari masing-masing register di processor;
2.       harus mengetahui dengan persis cara alokasi memori komputer yang dipergunakan;
3.       harus mengetahui fungsi-fungsi yang disediakan oleh OS dan lain sebagainya.
Bahasa tingkat tinggi sebagai perangkat lunak bahasa generasi ketiga disebut juga dengan nama perangkat lunak bahasa prosedural (procedural language). Disebut demikian karena program ini diproses sesuai dengan urutannya.
                Source program yang ditulis dengan bahasa tingkat tinggi, harus diterjemahkan menjadi program bahasa mesin dengan suatu program penterjemah, yaitu compiler dan interpreter. Bahasa tingkat tinggi yang sifatnya compiler di antaranya adalah FORTRAN, COBOL, PASCAL dan C language. Sedangkan yang bersifat interpreter adalah BASIC dan beberapa bahasa tingkat tinggi yang disediakan oleh Data Base Management Systems (DBMS).
                Di samping akan dihasilkan object program, pada proses ini bila terjadi kesalahan di dalam penulisan source program, juga akan ditampilkan daftar dari kesalahan-kesalahannya.
                Interpreter juga merupakan program untuk menterjemahkan program yang ditulis dengan bahasa tingkat tinggi menjadi bahasa mesin. Perbedaan utama antara compiler dengan interpreter dalam hal program yang akan dibuat adalah sebagai berikut ini.
*      Pada compiler, source program harus dibuat terlebih dahulu dengan pengedit teks atau dengan pengolah kata , kemudian baru dikompilasi dengan menggunakan compiler-nya
*      Pada interpreter adalah kebalikannya, yaitu interpreter dipanggil terlebih dahul, baru kemudian source program dapat ditulis dan baris demi baris akan diterjemahkan oleh interpreter-nya.
Bahasa generasi ketiga seringkali disebut sebagai high level language disebabkan bahasa ini menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang masuk dalam kategori generasi ketiga yaitu ADA, ALGOL, C, C++ ,BASIC, COBOL, FORTRAN, dan PASCAL.
BASIC
                BASIC singkatan dari Beginners’ All Purpose Symbolic Instruction Code, diciptakan oleh John G. Kemeny dan Thomas E. Kurtz dari Dartmouth College, USA. Telah banyak beredar bahasa BASIC di pasaran, di antaranya Applesoft BASIC, BASICA, BASIC ISAM, CBASIC, GW-BASIC, IBASIC, KBASIC, MBASIC, QUICK BASIC, UBASIC, ZBASIC, Quick Basic, Visual Basic dan lain sebagainya.
Prinsip-prinsip yang digunakan dalam mendesain bahasa BASIC antara lain:
  1. Dapat digunakan secara mudah bagi para pemula.
  2. Dapat digunakan sebagai sebuah bahasa pemrograman untuk tujuan umum (general purpose)
  3. Dapat ditambahi fitur-fitur tambahan dan tingkat lanjut untuk para ahli, tetapi tetap mempertahankan kesederhanaan bahasa untuk para pemula.
  4. Harus interaktif.
  5. Pesan-pesan kesalahan harus jelas dan mudah dipahami.
  6. Merespons dengan cepat untuk program-program yang kecil.
  7. Tidak harus membutuhkan pengetahuan dan pemahaman perangkat keras komputer.
  8. Pengguna juga tidak harus tahu mengenai sistem operasi.

   FORTRAN
merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup tua, lahir pada tahun 1957 dari sebuah tim yang dipimpin oleh John W. Backus. FORTRAN yang merupakan singkatan dari Formula Translation dibuat untuk memenuhi kebutuhan dalam hal numerik. Banyak fungsi matematika yang telah didefinisikan sehingga tidak perlu lagi dilakukan pendefinisian secara manual di program.

          Dikembangkan pada 1954 hingga 1956 oleh John Backus dan staff IBM yang lain. FORTRAN (FORmula TRANslator) merupakan bahasa level tinggi yang pertama. FORTRAN pada mulanya didesain untuk mengekspresikan humus matemática dan maíz merupakan bahasa matemática yang paling banyak digunakan. Bahasa ini juga berguna untuk aplikasi bisnis yang kompleks, seperti perkiraan (forecasting) dan pemodelan. Namur karena tidak mampu manangani operasi input/output atau pemrosesan file dalam volume besar, maka bahasa FORTRAN tidak digunakan untuk masalah bisnis yang biasa.

          Saat ini perkembangan bahasa pemrograman FORTRAN cukup pesat, dengan lahirnya Fortran 77 dan Fortran 90 telah membuat bahasa ini menjadi leader dalam hal pemrograman numerik. Tidak heran banyak programmer dalam bidang komputasi masih tetap menggunakan bahasa pemrograman Fortran untuk menyelesaikan masalah numerik.

Bahasa Pemrograman FORTRAN memiliki kelebihan dan kekekurangan  :

Kelebijan Bahasa Pemrograman FORTRAN
  • FORTRAN bisa menangani ekspresi matemática dan logika yang kompleks. Pernyataanya cukup pendek dan sederhana.
  • Program FORTRAN yang dikembangkan pada satu tipe komputer bisa dengan mudah dimodifikasi agar bisa bekerja pada tipe yang lain.
 Kekurangan Bahasa Pemrograman FORTRAN
  • FORTRAN tidak menangani operasi input dan output pada peralatan penyimpanan seefisien bahasa lain yang levelnya lebih tinggi
  • Memiliki keterbatasan untuk mengekspresikan dan memproses data nonnumerik
  • Tidak bisa dibaca atau dipahami semudah bahasa level tinggi yang 
           Terdapat beberapa hal yang menjadikan bahasa pemrograman Fortran lebih unggul dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain yaitu,
  1. proses eksekusi / kompilasi program yang cukup cepat.
  2. metode penulisan program sangat fleksibel, setiap bagian blok program dapat ditulis secara tidak berurutan.
  3. mendukung teknik kompilasi secara menyeluruh (all compilation), maksudnya misalkan kita memiliki 5 buah file Fortran yang saling berhubungan maka semua file tersebut dapat langsung dikompilasi semua dalam satu perintah dengan bantuan makefile yang kita buat, bagian ini akan dijelaskan pada bab yang akan datang.
  4. memilki kompilator (compiler) yang cukup banyak berkembang.
         Masih banyak keunggulan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman ini yang mungkin dapat dirasakan ketika kita membuat program. Pada bab selanjutnya akan dibahas mengenai cara kompilasi dan beberapa contoh program dalam bahasa Fortran dan juga bahasa C







COBOL
                COBOL singkatan dari COmmon Business Oriented Language merupakan bahasa tingkat tinggi yang berorientasi pada permasalahan bisnis. COBOL baru pertama kali dikenalkan secara formal pada tahun 1960. Bahasa COBOL dikembangkan , disempurnakan dan distandardisasikan dengan nama ANSI COBOL (American National Standards Institute).

Pascal
            Pascal adalah bahasa tingkat tinggi (high level language) yang orientasinya pada segala tujuan, dirancang oleh Professor Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Pascal adalah bahasa yang ditunjukan untuk membuat program yang terstruktur. Standar Pascal adalah bahasa Pascal yang didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklaus Wirth. Sampai saat ini untuk computer-kompute mikro dan personal, TURBO Pascal merupakan versi bahasa Pascal yang paling popular dan banyak di gunakan di computer mikro.

C dan C++
            Bahasa C dirancang oleh Dennis M. Ritchie pada tahun 1972. Nama C ini dipilih karena merupakan urutan selanjutnya dari B pada alphabetic. Perkembangan bahasa C di computer mikro dimulai tahun 1978 yaitu tiny-c yang ditulis oleh Tom Gibson. Versi-versi C yang paling populer dan banyak di gunakan untuk komputer mikro adalah MS-C (Microsoft C) dan TURBO C. C++ adalah versi terbaru dari bahasa C yang berorientasi pada obyek. C++ termasuk dalam kelompok object-oriented language.









4. Fourth-Generation Language (4GL) adalah bahasa pemrograman yang telah didesain lebih “natural”,sehingga makin mudah digunakan karena sudah mendekati bahasa percakapan sehari-hari dan sudah dapat untuk mengakses database. Contoh : LIST NAMA, ALAMAT, NILAI FOR NILAI > 7 .
Ciri-ciri 4GL:
-          Mudah untuk dipelajari dan dipahami
-          Tepat untuk mengakses database
-          Memfokuskan pada memaksimalkan produktivitas manusia dari pada minimisasi waktu computer
-          Tersedia dalam software paket yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang diinginkan.
Perangkat lunak bahasa generasi keempat disebut juga dengan perangkat lunak bahasa non-prosedural (nonprocedural language) atau productivity language atau perangkat lunak bahasa tingkat sangat tinggi (very high-level language). Disebut dengan perangkat lunak non-prosedural karena pemakai computer dapat membuat program aplikasi dengan mudah, yaitu hanya memberikan instruksi apa yg harus diselesaikan bukan menginstruksi secara rinci apa yg harus dikerjakan seperti di generasi ketiga.



.






2.3 Perangkat lunak aplikasi (application software)
Program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu.
Perangkat Lunak Aplikasi ( application software) merupakan program yg ditujukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi tertentu yg sudah dibuat oleh pabrik pembuat prangkat lunak aplikasi. Program aplikasi dibuat dengan menggunakan perangkat lunak bahasa (language software). Perangkat lunak aplikasi dapat berupa perangkat lunak perangkat lunak aplikasi tujuan umum (general purpose application software) dan perangkat lunak aplikasi tujuan khusus (special purpose application software).

Perangkat lunak aplikasi tujuan umum (general purpose application software) ditulis untuk keperluan kebanyakan pemakai computer secara umum. Aplikasi yg banyak dibutuhkan secara umum misalnya adalah word processing, spreadsheet, DBMS, graphic editor dan lainnya. Program paket aplikasi tujuan umum ini juga dikategorikan sebagai kelompok bahasa generasi keempat, karena juga menyediakan bahasa atau makro yg dapat digunakan oleh pemakai computer untuk keperluannya.
Perangkat lunak aplikasi tujuan khusus (special purpose application software) ditulis untuk keperluan khusus. Aplikasi khusus di organisasi bisnis yg banyak dibutuhkan misalnya aplikasi buku besar (general ledger), pengendalian persediaan (inventory control) di bidang akuntansi, manajemen kas (cash management)di bidang keuangan dan lainnya.








2.4Program Aplikasi

Program aplikasi merupakan software yang siap digunakan oleh user untuk memudahkan pekerjaan penggunanya. Program aplikasi dapat dibedakan menjadi :

a) Word Processing
Merupakan program ppengolah kata yang dapat digunakan untuk menulis, menyunting naskah. Contohnya adalah Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2010, Lotus Ami Pro, dan lain-lain.
b) Desktop Publishing
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengatur tata letak suatu naskah sebelum dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan Page Maker.
c) Program Spreadsheet
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah angka. Data numerik diolah secara berkolom. Contoh dari program ini adalah Microsoft Excel, Lotus Improv, dan lain-lain.
d) Database Mang
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengatur tata letak suatu naskah sebelum dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan Page Maker.
c) Program Spreadsheet
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah angka. Data numerik diolah secara berkolom. Contoh dari program ini adalah Microsoft Excel, Lotus Improv, dan lain-lain.
d) Database Management System
Program ini dugunakan untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi. Data yang diolah berupa database. Conytohnya adalah Paradox, Microsoft Acces, My Sql, dan sebagainya.
g) Program Statistik
Program jenis ini digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contohnya adalah Statistica, SAS, dsb.
h) Communication
Program jenis ini digunakan untuk melakukan komunikasi dengan pengguna lain. Contohnya adalah Carbon Copy, DataFax, dsb.
i) Multimedia
Program ini berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan multimedia. Contohnya adalah Adobe Premiere Pro, Microsoft Video, dan lain-lain.
j) Game
Program ini merupakan program permainan saja. Contohnya Prince Of Persia Need For Speed, GTA, dan lain-lain.
k) Antivirus
Merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan membasmi virus komputer. Contohnya sangatlah banyak seperti Avira, AVK Kasper Sky, Smadav, dan lain-lain.














BAB 3
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Sistem perangkat lunak merupakan komponen terpenting dalam sebuah perangkat computer. Perangkat lunak ini adalah perangkat yg mengoperasikan berbagai aplikasi di dalam sebuah computer. Dan aplikasi yang sudah tersedia memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan.


3.2 Saran
Penggunaan system perangkat lunak  sudah banyak di gunakan dan di pahami secara mendalam oleh pengguna. Namun akan lebih baik lagi bila semua pengguna tidak hanya terpaku pada satu aplikasi dalam aplikasi system perangkat lunak, tetapi juga harus mengenal aplikasi perangkat lunak yang sifatnya bias berguna di kalangan industri


                                                                                                               



Daftar Pustaka






F]��M�

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.